Senin, 31 Desember 2012

musrenbang, apa itu?



MUSRENBANG
Musrenbang singkatan dari Musyawarah Perencanaan Pembangunan. Musyawarah berasal dari Bahasa Arab yang mengilustrasikan bagaimana warga saling berdiskusi/musyawarah memecahkan masalah atau konflik di masyarakat. Musrenbang digunakan untuk ajang diskusi di masyarakat / kelurahan tentang kebutuhan pembangunan daerah.
Musrenbang mengagendakan rencana pembangunan tahunan yang merupakanagenda  jangka pendek. Ketika prioritas telah tersusun, kemudian di usulkan kepada pemerintah di level yang lebih tinggi, dan melalui badan perencanaan (BAPPEDA), usulan masyarakat dikategorisasikan berdasar urusan dan alokasi anggaran. Musrenbang di kelurahan dilaksanakan selama bulan Januari.
Proses penganggaran partisipatif ini menyediakan ruang bagi masyarakat untuk menanpung kebutuhan mereka pada pihak pemerintah dan diupayakan unuk direalisasikan sesuai kebutuhan yang efekif dan sesuai prosedur yang baik. Proses Musrenbang juga ada di  kecamatan dan kota, provinsi, dan nasional. Musrenbang merupakan pendekatan yang efektif  di mana suara warga secara jelas dan langsung aktif mempengaruhi rencana anggaran kota dan bagaimana proyek-proyek pembangunan disusun.
Pada mulanya, Musrenbang diperkenalkan sebagai upaya mengganti sistem sentralistik dan top-down. Masyarakat di tingkat lokal dan pemerintah punya tanggung-jawab yang sama berat dalam membangun wilayahnya. Dengan adanya Musrenbang mempengaruhi pola piker masyarakat dalam ikut peduli dengan kondisi lingkungan yang menjurus pada perkembangan dan pembangunan lingkungannya sehingga secara tidak langsung terbentuk pola-pola piker yang nasionalis, loyalitas, dan terbentuk jiwa-jiwa pahlawan.

Tidak ada komentar: